LOGO disarpus
Beranda > Berita > Disarpus Sahabat Anak Turut Andil Penting Dalam Penilaian Kabupaten Layak …
Berita Utama

Disarpus Sahabat Anak Turut Andil Penting dalam Penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA)

Posting oleh disarpuslobar - 17 Juni 2023 - Dilihat 212 kali

Tim penilai Kabupaten Layak Anak dari Kementerian PPA RI (15/06/23) melakukan visitasi ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lombok Barat guna melakukan evaluasi atau penilaian terhadap capaian indikator penilaian KLA cluster 1 yang menjadi tangggung jawab Disarpus Kabupaten Lombok Barat.

Tim yang diketuai oleh Budi Hartono bersama rombongan diterima oleh Kadis Arpus Hery Ramadhan beserta jajaran. Penilaian didahului dengan prosesi penerimaan di ruang referensi yang diawali sambutan dari ketua tim tentang maksud kunjungan dan detail indikator yang akan dinilai, kemudian dilanjutkan dengan wellcome speech dari kepala dinas sekaligus presentasi tentang profil dan peran dinas beserta apa saja yang telah dilakukan selama ini khususnya terkait dengan literasi, edukasi, dan kreasi anak yang terintegrasi dengan Forum Anak dan PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak) Lombok Barat yang sudah terakreditasi.

Setelah itu tim melakukan verifikasi faktual didampingi oleh Ibu Kabid Kepustakaan H. Emi Amperawati dan Pustakawan Ibu Heny. Dalam verifikasi faktual ini tim memeriksa dokumen bukti dukung, mengunjungi ruang baca anak, melihat sarpras dan sdm pendukung, sekretariat Forum Anak dan PISA, termasuk wawancara dengan anak-anak.

Alhamdulillah, hasilnya positip. Tim penilai mengapresiasi dan "mengacungi jempol" apa yang telah dilakukan Disarpus Lobar yang menurutnya telah memenuhi indikator utama yang dipersyaratkan dalam penilaian KLA cluster 1.

Selain itu Tim juga mengapresiasi inovasi atau kreasi yang sudah dilakukan Disarpus Lobar seperti lomba bertutur, lomba mewarnai, lomba menulis, children english course, story telling, parenting class, kemitraan dengan komunitas literasi, pojok baca digital, seminar/diskusi komunitas, perpustakaan keliling dan trauma healing pasca bencana bagi anak-anak yang kesemuanya itu responsif dan ramah anak serta bermanfaat bagi literasi anak dan orang tua tentang bagaimana seharusnya anak diasah, diasuh dan diasih untuk disiapkan sebagai generasi penerus yang berkualitas.

 

Salam Literasi 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *